MANAJEMEN KEPERAWATAN PLANING OF ACTION (POA)
LAPORAN PENDAHULUAN
MANAJEMEN KEPERAWATAN
PLANING OF ACTION (POA)
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat
dalam Menyelesaikan Stase
Manajemen
keperawatan program profesi ners
Stikes Bina Putera Banjar
Disusun
oleh:
Irma Aprilia, S.Kep
SEKOLAH TINGGI
ILMU KESEHATAN BINA PUTERA BANJAR
PROGRAM
PROFESI NERS ANGKATAN XII
2016
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN PLANING OF ACTION
ANALISA DATA
Setelah data
terkumpul, analisa data komunitas dapat dilakukan dalam beberapa tahap yaitu
katagorisasi, ringkasan, perbandingan dan kesimpulan.
a. Analisa Data
No
|
Katagori Data
|
Ringkasan Laporan
|
Kesimpulan
|
1
|
§
|
§
|
1) Lingkungan Fisik
2) Pelayanan Kesehatan dan sosial
3) Ekonomi
4) Transportasi dan keamanan
5) Politik dan pemerintahan
6) Komunikasi
7) Pendidikan
8) Rekreasi
§ Pilih salah satu dari 8 sub sistem
sesuaikan dengan katagori data
|
2
|
· Katagori data diisi dengan Data
Objektif, Data Subjektif, Studi Dokumentasi, Survey, dll
· Ringkasan Laporan diisi dengan
membuat ringkasan data (analisa data seperti mengisi Phatofisiologi)
· Kesimpulan diisi dengan mengacu pada
klasisfikasi 8 sub sistem dalam komunitas (Lihat Buku Panduan lampiran 5)
1. Lingkungan Fisik
2. Pelayanan Kesehatan dan sosial
3. Ekonomi
4. Transportasi dan keamanan
5. Politik dan pemerintahan
6. Komunikasi
7. Pendidikan
8. Rekreasi
Setelah tabel analisa data terselesaikan lanjutkan
langkah berikutnya yaitu mengisi tabel penapisan.
b. Penapisan (Scoring Data)
Masalah Kesehatan
|
Kesadaran Masyarakat Akan Adanya Masalah
|
Motivasi Masyarakat Dalam
Menyelesaikan Masalah
|
Kemampuan Perawat Untuk
Mempengaruhi Masyarakat Dalam Penyelesaian Masalah
|
Ketersediaan Keahlian Yang
Relevan Diwilayah Binaan
|
Beratnya Konsekwensi Jika
Masalah Tidak Terselesaikan
|
Mempercepat Penyelesaian
Masalah Dengan Resolusi Yang Dapat Dicapai
|
Jumlah Nilai
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
||
1
|
|
||||||
2
|
|
||||||
Dst
|
|
Sumber:
Stanhope & Lancaster (2016) dalam Made Riasmini (2017)
Catatan:
Masalah
kesehatan diisi dengan mengacu pada kesimpulan yang diisi ditabel analisa data
Selanjutnyan
Setelah tabel penapisan/scoring terselesaikan lanjutkan langkah berikutnya
yaitu membuat diagnosa keperawatan berdasarkan prioritas dengan mengacu pada
NANDA NIC NOC
Berikutnya penyusunan Planing OF Action seperti Pada
Tabel Berikut
|
|
PLANING OF ACTION DEPARTEMEN
KEPERAWATAN KOMUNITAS
DI WILAYAH BINAAN DUSUN
............. DESA ......... KEC ......... KAB .......................
TAHUN 2017
|
No
|
Masalah
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Indikator
|
Tempat
|
SumberBiaya
|
Waktu
|
PenanggungJawab
|
Ket.
|
1
|
Lingkungan Fisik
§ Sumber air minum
§ SPAL
§Pembuangan & Pengelolaan Sampah
§ Sumber Pencemaran
§ Perumahan
§ Kualitas Makanan
§Ketersediaan ruang terbuka hijau
|
||||||||
2
|
Pelayanan Kesehatan dan social
§ Jenis penyakit terbesar
§Kepemilikan Jaminan Kesehatan
§ Upaya Pelayanan Kesehatan KIA, KB, Imunisasi, Gizi
§ Penyakit Menular
|
||||||||
3
|
Ekonomi
§ Upaya peningkatan sumber daya keluarga (Pelatihan
Keterampilan dan produktifitas)
§ UKK
|
||||||||
4
|
Transportasi dan keamanan
§ Layanan perlindungan
|
||||||||
5
|
Politik dan pemerintahan
§ Kelompok pelayanan masyarakat (Posyandu, PKK,
Posbindu, Poskesdes, Panti Jompo, Panti Sosial Anak, Karang Taruna)
|
||||||||
6
|
Komunikasi
§ Penyediaan sumber informasi keluarga &
Masyarakat
|
||||||||
7
|
Pendidikan
§ UKS
§ Kantin Sehat
§Perpustakaan
|
||||||||
8
|
Rekreasi
§Ketersediaan lahan rekreasi (Contoh lingkungan ramah
anak)
|
Selanjutnya
jabarkan jenis kegiatan berdasarkan masalah yang ada.
Jenisnya
pertujuan untuk mengubah Pengetahuan (Cognitif) Sikap (Afektif) dan Perilaku
(Psikomotor)
Bisa penkes,
promkes, simulasi, seminar, refresing kader, percontohan dll
CONTOH POA
NO
|
STRATEGI
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
PROGRAM KERJA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU
|
||||||
22
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||||||
1
|
Meningkatkan profesionalisme
melalui penerapan model pelayanan keperawatan professional, meningkatkan
kualitas perawat dengan memanfaatkan kesempatan melanjutkan pendidikan formal
maupun pelatihan keterampilan
|
- MAKP sesuai dengan standar
- Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien
|
Kepuasan pasien ≥90%
|
- Melaksanakan Role Play metode Tim
- Melaksanakan ronde keperawatan
- Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati lantai 5 dan resosialisasi
tentang Hand Hygiene
- Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati lantai 5 tentang pemakaian
identitas gelang pasien
|
Elfin Pratama Efendi, S.Kep
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2
|
Melaksanakan pelayanan
asuhan keperawatan berdasarkan SPO dan SAK sesuai dengan teknis
keperawatan dan teknis manajemen secara maksimal dengan fasilitas dan
ketenagaan yang memadai.
|
- Pemberian asuhan keperawatan sesuai dengan SPO dan SAK
- Sarana dan prasarana sesuai dengan standar
|
Kelengkapan dokumentasi 100%
|
- Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati lantai 5 tentang pemakian
format pendokumntasian asuhan keperawatan yang digunakan.
- Melaporkan kepada kepala ruangan melati lantai 5 dan mendiskusikan
tentang sarana dan prasarana yang tidak sesuai.
|
Tresna Andriyani, S. Kep
Cucu Saeful Hidayat, S. Kep
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Hahakzisn.xx
BalasHapus